Monday, February 21, 2011

Cara Install Themes BlackBerry OTA

Alhamdulilah, puji syukur ke hadirat-Mu Ya Allah. Mengizinkan hamba untuk senantiasa selalu belajar dan mencoba dalam menggunakan device (hp) yang berjenis kelamin Blackberry ini. Atas Rahmat dan Kuasa Engkau, mengizinkan saia untuk tidak hanya sebagai penikmat daripada device (hp) Blackberry ini.
Beberapa hari yang lalu saia mencoba belajar untuk membuat themes Blackberry. Gampang-gampang mudah jika sudah memiliki software dan mengerti arahannya. Susah bagi saia jikalau tidak mau mempelajarinya. Seperti yang dijelaskan oleh bapak ibu guru saia, “tidak ada manusia yang bodoh di dunia, yang ada hanya kemalasan“. Greats! Kata-kata yang sangat menusuk hati saia waktu itu.
La? Kok malah curhat? *kluthik* (disawat linggis karo Sam Ardi). Ok, langsung aja ke topik sesuai judul diatas:
  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah, Anda harus men-download file themes yang akan dijadikan themes di device (hp) BlackBerry. Bagaimana Anda akan mengerti jika tanpa mencoba? Kalo gak bener silahkan tinggalkan postingan ini daripada merana.
  2. Cek di postingan saia sebelumnya (Themes BB Muslimah), hasil percobaan pertama saia yang dipublikasi, saat belajar membuat themes blackberry. Di postingan tersebut disertakan download file-nya, namun instalasi-nya menggunakan Blackberry Desktop Manager. Postingan kali untuk yang versi OTA tanpa BIZ dan instalasi-nya langsung di device (hp) BlackBerry. File OTA-nya dapat Anda download disini.
  3. Extrac hasil download-an tersebut, maka akan muncul beberapa file (totalnya ada 6), lihat gambar
  4. Hubungkan BlackBerry Anda melalui USB ke komputer desktop. Ketika diminta untuk mengaktifkan Mass Storage Mode, klik YES. Tapi jika Anda memiliki Aktifkan Auto Mass Storage Mode pada Anda dapat mengabaikan langkah ini.
  5. Arahkan ke mana Anda ingin tempat itu file .jad dan .cod tersimpan, dalam hal ini saya menyimpannya ke BBMediaCard / BlackBerry / ota_apps, lihat gambar
  6. Copy file .jad and .cod di lokasi pilihan Anda, dalam hal ini saya menyimpannya ke BBMediaCard / BlackBerry / ota_apps.
  7. Putuskan hubungan BlackBerry dengan desktop.
  8. Cari “Media” lalu klik ikon tersebut, lihat gambar
  9. Buka menu tersebut dengan klik gambar BB dan pilih “Explorer“.
  10. Arahkan ke lokasi tempat Anda menyimpan file .jad dan .cod
  11. Klik pada file .jad untuk menjalankannya, lihat gambar
  12. Biarkan instalasi bekerja hingga selesai
  13. Restart BlackBerry Anda, jika diperintahkan untuk merestart.
  14. Selamat menikmati Themes baru Anda dan silahkan menikmati cendolnya gan!
Percobaan tersebut sudah saia lakukan dan hasilnya tampak di bawah ini:
  • sebelum
  • sesudah
Bagi rekan-rekan yang ingin themes yang lainnya, silahkan lakukan percobaan terlebih dahulu. Jika sudah selesai, skrinsut hasilnya dan kirimkan via email saia, untuk mendapatkan themes yang lainnya sesuai dengan device anda. Mohon sertakan OS BlackBerry-nya. Trims, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment